Wednesday, September 19, 2007

Pergerakan Deep Ecology

Deep Ecological merupakan suatu pandangan utuh dan pandangan dunia yang melibatkan intuisi paling mendasar mengenai hubungan kita dengan alam non-manusia dan juga nilai-nilai dasar masnusia yang tidak hanya melibatkan carakita berindak dalam kehidupan sehari-hari. Pendiri awal dari ekosentrisme dan environmentalisme adalah para perintis gerakan deep ecological moderen yaitu Henry David Thoreau dan Jhon Munir yang keduanya adalah manusia yang sangat religius yang mempunyai pandangan ekologis yang sangat berhubungan dengan identifikasi sang pencipta alam semesta yang sakral.


SEJARAH EKOSENTRISME
Kesadaran ekologi kontemporer mulai muncul di amerika Serikat setelah Perang Dunia kedua . Sebagai dasar pemikirannya adalah sebuah buku karangan Aldo Leopold berjudul “Etika Tanah” dan buku karangan Rachel Garson yang berjudul “Silent Spring” yang dijadikan sebagai landasan suatu gerakan filosofis-sosial-politis. Upaya Carson menandai dimulainya Environmentallisme ekosentrik adalah dengan suatu gerakan aktivitas lingkungan radikal yang membangkitkan serangan-serangan balik yang besar dari industri kimia dan Departemen Pertanian Amerika Serikat dengan memicu suatu gerakan Deep Ecological secara internasional yang mempunyai jangkauan luas.

Arne Naess menyatakan bahwa perlindungan alam klasik tidak hanya mencakup perlawanan terhadap pusat-pusat kekuasaan yang mendorong pembangunan tanpa pemikiran sustainable development. Perlawanan lingkungandari tahun 1963 – 1968 di California mengilhami seluruh dunia untuk melakukan suatu pertemuan tingkat dunia (Konferensi PBB, Stockholm tahun 1972) yang membuka mata dunia tentang suatu pengakuan pertama tentang perlindungan lingkungan hidup terhadap konflik-konflik lingkungan yang bersifat sosial dan politik. Setelah organisasi-organisasi lingkungan kembali cenderung takut, birokratik, dan selalu merasa puas dengan segala kemampanan kekuasaan . Dan akhirnya pada tahun tujuhpuluhan sampai delapan puluhan kembali kembali perlawanan lingkungan secara radilkal dilakukan oleh kelompok-kelompok organisasasi lingkungan hidup radikal yaitu Greenpeace dan Earth First.

PLATFORM DEEP ECOLOGICAL
Platform Deep Ecological tahun 1984 memberi kekhasan pada Deep Ecological sebagai gerakan politis-sosial-ekofilosofis internasional kontemporer. Platform itu secara esensial merupakan suatu pernyataan ekosentrisme normative dan filosofis bersama dengan suatu seruan bagi aktivis lingkungan.
Pernyataan flatform Deep Ecological yang dimaksud adalah sbb;
1. Kesejahteraan dan perkembangan kehidupan manusia dan non-manuisa diatas bumi mempunyai nilai dalam diri mereka sendiri, atau dengan kata lain mempunyai nilai intrinsik (inheren). Nilai-nilai ini terlepas dari kegunaan dunia non-manusia bagi tujuan-tujuan manusia.
2. Kekayaan dan keragaman bentuk-bentuk kehidupan memberikan kesadaran akan nilai-nilai ini dan juga merupakan nilai-nilai dalam kehidupan mereka sendiri.
3. Manusia tidak mempunyau hak untuk mereduksi kekayaan dan keragaman itu kecuali untuk memenuhi kebutuhan pokok.
4. Perkembangan hidup dan kebudayaan manusia sesuai dengan pengurangan subtansial dari populasi manusia. Perkembangan kehidupan non-manusia menuntuk pengurangan seperti itu.
5. Campur tangan manusia sekarang terhadap dunia non-manusia bersifat berlebihan dan situasinya menjadi memburuk dengan cepat.
6. Kebijakan-kebijakan harus diubah. Kebijakan-kebijakan ini mempengaruhi tata susunan ekonomi, teknologi dan idiologi dasar.
7. Perubahan idiologis terutama adalah perubahan mengenai penghargaan terhadap kualitas hidup yang berada didalam situasi-situasi yang inheren dari pada mempertahankan standar hidup (materilistis) yang semakin tinggi.
8. Mereka mendukung butir-butir diatas mempunyai kewajiban langsung atau tidak langsung mencoba melaksanakan perubahan-perubahan yang perlu.

Deep Ecological sering kali dikritik sebagai gerakan social karena tidak cukup peduli dengan dengan masalah-masalah kaedilan social. Hal ini sebagian besar merupakan masalah tekanan dan prioritas dan pemilihan masalah-masalah ekologis dari pada yang lain. Naess menunjukkan gerakan hijauninternasional terdiri dari tiga gerakan yaitu Gerakan Perdamaian, Gerakan Keadilan social dan Gerakan Ekologis bersama dengan tujuan ekologi luas yang berkelanjutan.

No comments: